Rakhmayanti

INFORMASI UNTUK SEMUA…BAKTIKU BAGI INDONESIA

Rakhmayanti Siswosudarmo, lahir di Purworejo tanggal 17 Maret 1981, biasa dipanggil “Rakhma”. Menempuh jenjang pendidikan dasar di SD Negeri Jenarkidul, pendidikan menengah pertama di SMP Negeri 2  Purworejo, dan pendidikan tingkat atas di SMA Negeri 1 Purworejo… Saya adalah “Muda Ganesa Angkatan 99 (sebutan untuk alumni SMA Negeri 1 Purworejo)“.

Tahun 1999 diterima UMPTN di Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Pendidikan Akuntansi…lulus Mei  2003 dan mulai Juli 2003 mengajar di SMK Bopkri 1 Yogyakarta (selatan Bunderan UGM). SMK Bopkri 1 Yogyakarta adalah sekolah swasta dan kecil, tapi saya sangat bangga diberi kesempatan oleh Tuhan untuk berada disana..saya adalah satu-satunya guru muslim tapi teman-teman guru sangat menghormati agama saya dan saya pun dapat menjalankan ibadah dengan baik di sini..saya tidak pernah menjalankan suatu pekerjaan setengah-setengah..Untuk menjadi besar tidak selalu harus di tempat yang besar..saya kelola anak-anak saya di tempat ini tidak peduli apa agama mereka dan tidak peduli berapa nem masuk mereka..yang jelas mereka berhak mendapatkan pelayanan terbaik..itulah cara saya mengajar, saya ingin anak-anak saya kelak juga bisa melayani orang dengan sebaik mungkin..Memberikan teladan adalah cara paling ampuh untuk menanamkan sebuah nilai kepada anak didik..

Bulan Juli 2007 pindah tugas di SMK Negeri 1 Yogyakarta akan tetapi kemudian bulan Januari 2014, saya kembali lagi ke SMK Bopkri 1 yogyakarta. Pembelajaran per minggu tatap muka dialokasikan 40 jam per minggu menyebabkan jumlah jam Produktif di SMK Negeri 1 Yogyakarta menjadi berkurang. Berkurangnya jam Produktif tersebut membuat saya menjadi memerlukan tambahan jam dan tambahan jam tersebut saya dapatkan di SMK Bopkri 1 Yogyakarta. Kembali ke sekolah lama rasanya sangat senang, ingin bersama-sama teman-teman disana untuk melakukan hal yang lebih baik lagi. Sekarang saya mengajar di dua sekolah, SMK Negeri 1 Yogyakarta sebagai sekolah induk saya dan juga di SMK Bopkri 1 Yogyakarta. 

Mata diklat yang diampu sekarang adalah Produktif Akuntansi, Komputer Akuntansi, dan Mengoperasikan Paket Program Pengolah Angka/Spreadsheet. Teman-teman yang ingin berbagi informasi bisa bergabung di blog ini, sehingga blog ini saya beri nama  “Informasi untuk Semua”, itulah cara saya berbakti pada Negara saya, melalui dunia yang saya tekuni yaitu dunia pendidikan.

SMK Negeri 1 beralamat di jalan Kemetiran Kidul 35 Yogyakarta, telepon dan faksimili (0274) 512148 dan SMK Bopkri 1 beralamatkan di Jalan Cik Di Tiro 37 Yogyakarta. Pertama Saya menjadi guru, murid saya bertanya kenapa bu Rakhma mau jadi guru? saya jawab sambil tertawa..ya karena saya menyukainya. Memang saya sangat menyukai profesi saya dan saya punya keinginan besar untuk dunia pendidikan Indonesia..rencana besar untuk pendidikan Indonesia tentu bukan hal yang mudah untuk mewujudkannya, tetapi saya orang yang senang berkarya, jadi akan saya karyakan diri, tenaga, dan pikiran untuk mimpi saya..Anak kedua dari empat bersaudara, hobby musik dan gila olah raga..itulah saya dan satu lagi yang membuat saya berbeda dari yang lain yaitu sering monolog (anak-anak dilarang tertawa sendiri kalau membaca blog b.rakhma)..selain itu bagi anak-anak mungkin saya adalah pelawak sampai ingin rasanya mengikuti audisi standup comedy, tetapi belum direstui oleh pak rakhma..

SMK Negeri 1 Yogyakarta merupakan vocational school yang masuk dalam kelompok Bisnis Manajemen sementara SMK Bopkri 1 Yogyakarta selain masuk dalam kelompok Bisnis dan Manajemen juga masuk dalam kelompok Teknologi dan Informasi. Ada tiga kompetensi keahlian di SMK Negeri 1, yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Pemasaran, sementara di SMK Bopkri 1, kompetensi keahlian yang di buka adalah Multimedia, Akuntansi, dan Administrasi Perkantoran.

Mendapat tugas sampiran sebagai Sekretaris Program Studi Keahlian Keuangan-Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Sekretaris Tempat Uji Kompetensi Akuntansi adalah amanah yang harus saya lakukan dengan sebaik-baiknya. Melalui ketugasan utama sebagai guru dan tugas sampiran yang dipercayakan kepada saya, saya bisa melakukan sedikit demi sedikit langkah nyata bagi Indonesia melalui SMK Negeri 1 Yogyakarta dan SMK Bopkri 1 Yogyakarta. Pendampingan untuk siswa adalah fokus utama saya..menjadi hak mereka untuk mendapatkan perhatian, kasih sayang, motivasi, pendampingan, dan teladan yang baik dari gurunya..

Menjadi anggota “Donor Mata” sejak tahun 2004 sampai dengan sekarang..hal positif menjadi anggota donor mata adalah dorongan untuk menjaga mata senantiasa sehat menjadi jauh lebih besar..Profesi guru terkadang menjadikan mata terlalu lelah tetapi saat saya mengingat bahwa kelak mata saya akan saya berikan kepada orang lain maka saya akan berhenti sejenak dari kegiatan saya untuk sekedar mengistirahatkan mata..saya hanya ingin, mata yang saya berikan kelak adalah mata yang masih bagus dan sehat..Bagi teman-teman yang ingin menjadi anggota donor mata dapat mendaftar di Rumah Sakit Mata dr. YAP, Yogyakarta…Donor mata adalah memberikan mata kita saat kita sudah meninggal sehingga walaupun kita meninggal, kornea mata kita tetap bisa dipakai oleh orang lain yang kemungkinan menderita kebutaan dari awal atau buta karena kecelakaan..Berbagilah selagi bisa, agar mereka juga bisa melihat dunia..

Berada di tempat besar dikelilingi senior-senior hebat, menjadikan saya belajar banyak hal untuk menghormati dan menghargai, tidak meremehkan yang lebih muda. Mendapatkan kesempatan belajar dengan cara melihat, menjadikan saya belajar banyak hal untuk mengajak generasi dibawah saya untuk belajar dengan cara terlibat. Berada diantara siswa-siswa dengan kemampuan akademik bagus, menjadi motivasi bagi saya untuk selalu meningkatkan kompetensi saya dan menjadi motivasi bagi saya untuk mendampingi anak-anak mengasah kehebatannya, menemukan sisi lebih dirinya, dengan selalu berpegang pada kerendahan hati dan kebaikan budi. Berada di lingkungan siswa dengan kemampuan akademik yang kurang, adalah motivasi bagi saya untuk mendampingi mereka dengan cara yang lain. Semua anak adalah hebat dan pintar, tetapi jangan melihat hebat dan pintar dari kaca mata yang sama. terima kasih kepada semua anak didik saya, kalian adalah motivasi bagi bu rakhma untuk berbuat banyak hal dan belajar banyak hal.

Terima kasih kepada pengunjung blog, semoga blog ini dapat memberikan manfaat.

Puisi, klik disini PUISI

Portofolio, klik disini KOMPONEN PORTOFOLIO

82 Comments

  1. hai mbak Rakhma,saya mau tanya nih,sy bingung mau ndaftar di SMEA/SMK 1 ini,ragu2,karena nilai Matematik-ku hampir ga lulus,sebenernya akuntan itu ngapain aja sih mba ?trus jaminan stelah skul sini bisa kerja gimana? mohon bantuan dan informasinya,termasuk yang sekretaris mba.plis jawab di email sy:mutan_girl99@yahoo.co.id……………….bls scptnya.thx

  2. Ucapan selamat buat Buk Guru….
    Ucapan selamat, atas :
    Pertama : pilihan nya jadi Bu Guru, semoga menjadi Bu Guru yang berhasil dalam transfer ilmu buat anak didiknya dan tentu saja buat kemajuan pendidikan…
    Kedua : Adanya keinginan menjadikan blog ini sebagai sumber informasi, sesuai judulnya : Informasi Untuk Semua…
    Semoga keinginan ini bisa memajukan pendidikan vokasi di negara kita tercinta ini. Amiin..

    Wassalam dari jauh…
    Bukittinggi April 2009

  3. Salam kenal,

    Nama saya Totok, wali murid dari Mutiara Prananintyas siswa kelas 11 AP2, Saya berkeinginan agar anak saya menjadi guru seperti ibu Rakhmayanti. Selama ini saya belum bisa membaca arah cita2 anak saya mau jadi apa. Tadinya anak saya sulit meningkatkan prestasi sekolahnya, (waktu SMP jarang masuk 10 besar, Tapi kalau melihat prestasi sekarang (rangking 2) kayaknya lebih suka dibidang ekonomi. Saya memberikan gambaran alternatif untuk melanjutkan kuliah di Fakultas ekonomi (UGM, UNY Atau STIE YKPN). Tolong bantu kami agar dapat mewujudkan keinginan tersebut. Terimakasih sebelumnya.

    • Bu saya banyak berterima kasih sama ibu yang sudah mengasuh, mendidik, membimbing anak kami, sehingga Mutiara Prananintyas bisa diterima di Fakultas Ekonomi (Akuntansi) UGM. Saya bangga dengan SMK 1 Yogyakarta, saya juga bangga dengan Ibu yang bisa mempersiapkan anak didik dengan baik & memberi motivasi. Semoga keikhlasan amal bhakti semua guru-guru di SMK 1 Yogya akan menjadi amal jariah yang tak pernah putus pahalanya…

      • Alhamdulillah hirobbil ‘alamin. Minta maaf ya Pak baru bisa membalas sekarang. Saya sebagai gurunya bangga karena Mutiara dapat memberikan usaha terbaiknya kemarin sehingga lulus dengan hasil memuaskan dan mendapat predikat terbaik di Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Lalu sekarang, Mutiara bisa melanjutkan di sekolah vokasi UGM, tentu inipun tidak terlepas dari perhatian, motivasi, dan arahan dari Bapak selaku orang tua. Amin yaa robbal alamin, terima kasih sekali Pak doanya untuk kami. Melihat anak-anak mampu menemukan masa depannya masing-masing, suatu kebahagian bagi kami. Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran kepada Mutiara dalam usahanya meraih cita-cita. Amin.
        Terima kasih pak Totok atas perhatiannya kepada kami.

  4. apa kabar Bu.??
    ne ru pertama kali aQ Liat bLog ini…
    jadine kangennya ma ibu bisa terobati.,.,.
    hhheee
    pngen ketemu ma ibu…
    skrg gag ada yg bisa diajak ngobrol kayak ibu..
    makasih yya bu..
    aQ sayank ibu..
    moga selalu dalam lindungan Allah SWT,,,

    • Anaaaaa, alhamdulillah b.rakhma sehat..
      baru pertama nengokin b.rakhma di blog ya, hehehe….bsk2 kalau ada waktu main ke sekolah, ngobrol2 spti dl, atau sms jg bisa..b.rakhma jg kangen😦
      Amin, trm kasih doanya,
      B.rakhma sayang sm Ana..
      smga Allah memberikan kemudahan dan kelancaran bg Ana unt meraih cita2nya..sms sj, b.rakhma tunggu..i”ll allways love you..

      • hhee.. iya buk pertama kali…😀
        pengen bu sms tapi no HP ibu, ana gag punya..
        hhehehehe..
        ana nyuwun no HP ibu yya…
        pngen bu maen ke skuL.,
        tp ne masih di Bali,.
        besok Lok pulang ana kontek ibu yya..
        pngen ketemu ma ibu…
        pngen sharing banyak haL.,
        ana gag punya temen yang bisa dipercaya buat curhat bu..
        hhehehehe
        mkasih yya bu, buat semua…

    • Selamat pagi Ana..Maaf baru bisa balas..
      Asik lebaran ada yg pulkam😀
      klo sempat, main ke rumah ya Ana..
      Adhi sekarang kerja di dealer mobil, sdh lama tdk sms b.rakhma..Adhi sibuk..
      iya, nanti b.rakhma email ke alamat yg ini aja..kemarin padahal sdh email lho di alamat Ana yg kemarin, coba di cek🙂

    • Terima kasih pak Prastowo atas kunjungannya ke blog saya. Insya allah idealita yang saya anut untuk profesi saya akan saya usung seterusnya dalam saya berkarya dan saya tularkan kepada rekan-rekan terutama yang muda karena mereka yang akan meneruskan nantinya..karena produk kami adalah generasi bukan barang dan jasa semata..

      Bapak kakak kelas saya, kita sama-sama “Kembang Tanjung” dan sama-sama “Muda Ganesha”..Terima kasih telah mengingatkan..
      Salam kembali untuk Bapak..

  5. Selamat siang bu rahma..saya iin sundari alumni SMK N1 Yogyakarta tahun 2007 jurusan administrasi perkantoran 1.Saat ini saya bekerja sebagai sekretaris dan HRD PT Bintang Pustaka ABadi yang beralamat di JL. kenanga 256 sambilegi maguwoharjo depok sleman yogyakarta yang bergerak dibidang penerbit buku.Perusahaan kami besar dan mewmpunyai 4 cabang di Pulau Jawa yang menghandle seluruh Gramedia di Indonesia dan toko non Gremedia.Saat ini saya membutuhkan tenaga kerja admininstrasi keuangan sebanyak 6 orang yang akan ditempatkan di kantor cabang yogyakarta, syarat jurusan akuntansi, pintar, loyalitas dan mampu bekerja dalam tim maupun individu.Dapatkah ibu membantu saya memberikan daftar nama-nama alumni SMK 1 Jogja yang sekiranya berkualifikasi untuk ikut test dan mendaftar menjadi staf diperusahaan saya.Kalau bisa bagaimana caranya??saya siap berkunjung ke SMK 1 Jogja apabila ada tanggapan dari bu rahma.Terima kasih..

    • Selamat siang mbak Iin
      Permintaan tenaga kerja dari PT Bintang Pustaka Abadi kami tindak lanjuti bersama dengan tim BKK. Nanti info ini akan kami posting di group BKK, kami informasikan kepada alumni melalui sms, dan kami tempel di papan pengumuman. Pelamar biar mengirimkan aplikasi melalui BKK, tanggal 22 Oktober pukul 12.30 mbak Iin atau tim dapat ke sekolah untuk mengambil aplikasi. Nanti kami di BKK akan membaca surat lamaran siswa terlebih dahulu untuk memberikan rekomendasi kepada mbak Iin. Apakah tawaran kami diterima?
      Permintaan PT Bintang Pustaka Abadi kami proses sekarang tetapi mohon tetap mengirimkan surat resmi permintaan tenaga kerja untuk arsip kami. Surat ditujukan kepada Kepala SMK Negeri 1 Yogyakarta Dra. Nur Istriatmi. Silahkan di faks di nomor 0274 512148 atau email ke alamat saya rakhmayantisiswosudarmo@yahoo.co.id

      Terima kasih mbak Iin

  6. Selamat pagi Bu Rahma..
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas saran dan usulan dari Bu Rahma dan tim BKK sekiranya sudah mau bekerja sama dengan perusahaan kami.Hari ini akan segera saya buatkan suratnya dan akan saya fax kan, baik bu tanggal 22 oktober saya akan berkunjung ke SMK 1 Yogyakarta untuk mengambil berkas database lamaran siswi-siswi tesebut.

  7. Halo Bu Rakhma cantik😀
    saya Sari Nastiti XI AK 2, murid Bu Rakhma yang sering bikin Bu Rakhma marah
    sekian lama saya mencari blog nya Bu Rakhma akhirnya saya temukan juga
    sekarang saya jadi lebih tahu tentang Bu Rakhma setelah membaca isi Blognya,kenapa tidak sekalian di isi cerita-cerita Bu Rakhma yang lucu yang kadang-kadang diceritakan di kelas.heheheheheheheh………

    • Allow Sari cantik😀
      hehehehe, hayo itu salah XII AK 2, kurang tu.. jewer sendiri ya telinga kanannya🙂
      Tidak membuat b.rakhma marah..hanya ggggrrrrr, hehhe, becanda Sari..
      Sari kan anak baik, selalu duduk depan sendiri sama Rizkia, masa di marah..tapi kalau Sari sudah tertawa, ampun😀
      Iya, gantian b.rakhma cari blognya Sari, ok ok😉
      Kalau blognya diisi cerita b.rakhma di kelas, pasti jadinya kumpulan cerpen, termasuk cerita “eyang uti” bisa muncul di blog, hehehe..
      Insya allah Sari, b.rakhma ingin menulis cerita tentang murid2 saya, tapi belum bisa terealisasi saat ini..insya allah saya wujudkan nanti-nanti.
      Terima kasih ya Sari🙂

  8. wetetet…iya bu..maaf ktinggalan
    Bu Rakhma gemess ya,,haha,,,,,,bsok klo saya sudah lulus pasti dijamin kangen sama saya :p
    enggak cuman eyang uti bu,,,,,yang tidur di jalan juga,,haha,,,,gokil bu
    iya bu,,,critain juga tentang murid2 Bu Rakhma,,termasuk saya ,,,ckck
    Bu Rakhma punya Facebook tidak?

    • Hallow Rezky Putri, senang sekali tahu Rezky sudah punya rencana kedepan setelah lulus. Keunggulan SMK memang siswa dibekali kompetensi sehingga siap untuk memasuki dunia kerja yang relevan dan juga siap seandainya akan melanjutkan kuliah, jadi rencana Rezky menurut b.rakhma baik. Sistem PPDB di SMK 1 menggunakan sistem RTO (Real Time Online) dan sementara ini belum ada panduan untuk PPDB tahun ajaran 2012/ 2013, tapi beberapa hari kedepan b.rakhma kirim lewat email seleksi tahun lalu untuk gambaran Rezky. Begitu Rezky jawaban dari b.rakhma.

  9. Assalamualaiku,
    Salam kenal Bu rahma, ibu sy mahasiswa yang sedang melakukan penelitian di SMK N 1 yogyakarta mengenai sistem informasi nilai raport,Untuk melengkapi pembuatan sistem informasi ini saya membutuhkan data guru, data mata pelajaran, data siswa dan data kelas. Bisakah saya meminta melalui ibu rahma??

    • Wa alaikum salam mb Winda. Minta maaf baru dapat membalas sekarang. Untuk data-data tersebut, saya dapat memberikannya kepada mb Winda, hanya saja menjadi tidak etis karena itu adalah bidang pekerjaan tim yang lain. Mb Winda sudah mengajukan izin penelitian melalui Ibu Tuginem? Kalau sudah lebih baik datang ke sekolah dan menemui Ibu Tuginem serta meminta izin untuk mengambil data. Saya bantu keterangan dimana mb Winda mendapatkan data tersebut:
      1. Data guru dan uraian mata pelajaran yang diampu pada setiap tingkatnya, mb Winda dapat menemui Ibu Sri Hartati (Waka Kurikulum),
      2. Data mata pelajaran lengkap dan juga standar kompetensi persementer sampai pada daftar KKM, mb Winda ke Ibu Sri Hartati,
      3. Data siswa dan data kelas, Mb Winda menemui Bapak Tri Hartana (Kesiswaan) dan nanti pasti akan diminta menemui mb Heksawati yang mengelola data siswa.

      Data yang bisa saya berikan hanya profil sekolah, mb Winda lihat di Halaman Profil SMKN 1 Yogyakarta pada blog ini. Semoga dapat sedikit membantu. Terima kasih mb Winda.

  10. Selamat siang ibu Rakhma,

    Saya mewakili perushaan Freight Forwarder di Jogja.
    Saat ini perusahaan kami sedang mencari kandidat untuk bergabung untuk staff administrasi keuangan.
    Dengan titik berat kemampuan (mahir) software Excel dan olah data disertai background bidang akuntansi.

    Dapatkah saya menitipkan pengumuman di institusi ibu? mohon prosedur dan persyaratan di ema kepada kami kalau berkenan.

    warm regards,
    Nanda (Mr.)

    • Selamat malam Mr. Nanda
      Terima kasih atas kepercayaannya kepada alumni kami. Alumni SMK Negeri 1 Yogyakarta, lulus biasanya langsung tertempatkan di dunia kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Tawaran kerjasama kepada kami nantinya akan ditindaklanjuti oleh tim BKK. Prosedurnya sebagai berikut:
      Mengirimkan surat pengantar kepada Kepala Sekolah u.p. Ketua BKK dilampiri dengan profil singkat perusahaan dan informasi lowongan yang diperlukan beserta kualifikasinya. Tim BKK akan membantu mendistribusikan informasi kepada alumni baik melalui pengumuman sekolah, fb, maupun sms. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu perusahaan Freight Forwarder dalam memperoleh staf administrasi keuangan.

      Hormat saya,
      Rakhma

  11. Bingung М̣̇a̲̅ªªªªüü masuk SMA Aρ̥̥α̇̇̇̊ SMK, sebenarnya pengen masuk SMA. Tpi ijazah nya pasti lambat…? Ƴª nanti deh liat hasilnya gmna? Bu rakhma masih ∂ï SMK bopkri 1 to, salam kenal ªjª Ƴª bu, ªkυ͡ яuζζ♈ dari palembang?

    • Russy, salam kenal. Jauhnya dari Palembang. Mau masuk SMA atau SMK bingung? Hehehe..Russy ingin memiliki pengetahuan secara umum atau spesifik? Kalau ingin umum, masuk SMA, tetapi kalau ingin spesifik, misal ahli farmasi, listrik, bengkel, Pariwisata, Multimedia, Akuntansi, dll..Russy pilih SMK..
      Iya, mulai Januari 2014, b.rakhma kembali ke SMK Bopkri..Russy, salam kenal dari b.rakhma..

  12. Maaf bu ndak sengaja membaca blog ibu rakhma, saya tertarik karena ibu mengajar di salah satu sekolah yang secara emosional memiliki hubungan dengan saya yaitu SMK BOPKRI (dulu namanya SMEA BOPKRI yang letak nya di kota baru). Jika ibu berkenan melihat data lama tentang SMK 1 BOPKRI sekitar tahun 1980 an di sana ada guru bernama Haryono Siswosudarmo, mirip nama ibu di bagian belakang. Guru itu adalah ayah saya, saat ini beliau sudah meninggal. Dan jika ibu masih kenal, saya keponakan dari Bu Wid, beliau beberapa waktu yang lalu pernah menjadi Kepala Sekolah di SMK 1 BOPKRI Yogya.
    Sedikit saja yang saya tulis bu… mungkin lain waktu bisa panjang karena saya betul-betul memiliki banyak kenangan tentang SMK BOPKRI 1.
    Nama saya Suwarno, saat ini bekerja sebagai pendeta di GKSBS Muda Sentosa, dengan alamat Muda Sentosa, Buay Madang, OKU Timur, Sumatera Selatan. Kecil saya dulu tinggal di belakang sekolah SMEA BOPKRI ketika masih di Kota Baru.

    • Selamat siang pak Warno. Salam kenal dari saya. Saya kemarin telp bu Wid. Bu Widjayani langsung meng-iyakan, iya, pak Warno pernah tinggal bersama kami satu tahun di Yogya. Bu Wid juga bercerita kalau adiknya Bapak adalah pendeta di Kutoarjo, kebetulan Kutoarjo satu kabupaten dengan asal saya yaitu sama-sama Kabupaten Purworejo. Siswosudarmo adalah nama Eyang saya Pak, saya lekatkan di belakang nama saya, karena saya tidak bisa seperti sekarang ini tanpa didikan Eyang dan saya berharap, hal baik yang saya lakukan, Tuhan berkenan menjadikannya sebagai bagian dari amal jariyah Eyang. Kalau libur, silakan main ke Yogya dan bertemu dengan kami di sekolah..saya paham, tentu saja banyak kenangan masa sekolah pak Warno selama berada di SMK Bopkri..Bu Wid juga bercerita tentang pak Haryono dan juga adik pak Warno yang menjadi guru di Papua..
      Senang dikunjungi oleh Bapak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s