Kami yang Pertama, SMK Bisa (Jilid lima)

Kami yang Pertama, SMK Bisa (Jilid lima)

 

Di tulisan “Kami yang Pertama, SMK Bisa (Jilid satu)” saya sudah berencana untuk membuat tulisan ini bersambung menjadi lima jilid, walaupun rentang waktu dari tulisan pertama sampai dengan tulisan kelima sangat lama, tetap saya mencoba menepati janji kepada diri saya sendiri untuk menyelesaikan tulisan ini. Memang sudah tidak aktual lagi tetapi saya mencoba mendokumentasikan sesuatu yang faktual di sekolah saya dalam sebuah tulisan.

 

Kamis/ 12 Mei 2011 kegiatan masih melanjutkan Bursa Kampus sesi I. Kali ini pembicara menghadirkan wakil dari STIKES Surya Global dan ATC. Kami menyeleksi LPK yang akan kami hadirkan sebagai nara sumber atau pembicara dalam kegiatan ini.

 

Bursa Kampus sesi I berakhir dan dilanjutkan dengan Bursa Kampus sesi II. Tujuan kegiatan sama yaitu memberikan wawasan mengenai pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bursa Kampus sesi II menghadirkan pemateri dari perguruan tinggi. Perguruan tinggi yang dihadirkan yaitu dari Akademi Akuntansi (AA) YKPN, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Tegnologi Yogyakarta.

 

Terinspirasi saat saya duduk dibangku SMA bahwa setiap tahun ada breafing dari kakak tingkat kepada adik kelasnya mengenai kampus atau universitas tempat kakak kelas saya menuntut ilmu. Saya terapkan kegiatan yang serupa dalam Bursa Kampus sesi II. Alumni SMK Negeri 1 Yogyakarta yang telah kuliah, kami hadirkan untuk berbagi pengalaman mengenai perkuliahan ditempat kuliah mereka masing-masing mulai dari seleksi masuk, tawaran beasiswa, sistem perkuliahan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), kelebihan dan kekurangan kampus masing-masing, serta jejaring perusahaan atau instansi yang menjadi mitra tempat mereka kuliah.

 

Wahyu Setya Putri dari jurusan Pendidikan bahasa Inggris, Dini Prasetyani dari jurusan Pendidikan Akuntansi, Sudarti dari jurusan Administrasi Perkantoran, dan Hardini Sekarwati dari jurusan Manajemen Pendidikan, mereka semua adalah alumni yang sekarang kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mereka memang kuliah dari jurusan dan angkatan yang berbeda tetapi mereka memiliki tugas yang sama untuk memberikan wawasan kepada adik kelas mereka tentang perkuliahan di jurusan masing-masing.

 

Istiqomah, Yuniati Dwi Kurniawati, dan Riza Muntari, mereka adalah alumni SMK Negeri 1 Yogyakarta yang sekarang kuliah di jurusan Akuntansi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Mereka memberikan breafing setelah tampilan dari alumni yang kuliah di UNY. Yuniati Dwi Kurniawati dan Riza Muntari memang berasal dari Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta jadi sudah sewajarnya jika mereka kuliah di jurusan Akuntansi, tetapi Istiqomah berasal dari Program Keahlian Penjualan (sekarang bernama Pemasaran) dan melanjutkan kuliah di jurusan Akuntansi. Alumni seperti Istiqomah sengaja kami hadirkan guna memberikan wacana bahwa siswa dari program keahlian tertentu dapat kuliah di bidang ilmu selain yang mereka pelajari di SMK.

 

Veronica Theresa dan Veronica Triyanti Kenyo Mumpuni, mereka alumni yang kuliah di AA YKPN menutup acara Bursa Kampus sesi II dengan berbagi pengalaman mulai dari awal saat mereka mendaftar sampai dengan masa-masa kuliah di AA YKPN kepada adik kelasnya.

 

Alumni sekarang berada di depan adik-adik kelas sebagai pembicara dan mereka tertawa saat berbicara dengan saya di ruang Kepala Sekolah seusai acara berlangsung karena mereka mengingat segala perilaku mereka saat dulu berada sebagai audiens seperti adik kelas yang saat tadi ada dihadapan mereka. Saya pun ikut tertawa dan mengiyakan semuanya. Saat itu juga adalah saat saya melepas rasa rindu kepada murid-murid, dan saya sangat menikmati berbicara serta tertawa bersama mereka.

 

Lima jilid tulisan sudah saya selesaikan, saya lega karena telah merekam kegiatan sekolah melalui tulisan saya, semoga dapat menjadi acuan untuk kegiatan serupa di tahun yang akan datang ataupun dapat menjadi bahan pertimbangan bagi sekolah lain yang ingin menyelenggarakan kegiatan seperti kami.

 

   

Tinggalkan Balasan

