Kami yang Pertama, SMK Bisa (Jilid empat)

Kami yang Pertama, SMK Bisa (Jilid empat)

Pekerjaan yang harus diselesaikan sangat banyak. Waktu dua puluh empat jam, jika diperkenankan Tuhan, saya minta tambah, tapi tidak mungkin, jadi yang sudah Tuhan berikan, harus saya kelola sebaik mungkin. Keluar dari rutinitas sebentar, saya melanjutkan tulisan yang terpending sudah sangat lama. Saya harus membangkitkan ingatan saya untuk kembali ke waktu satu bulan yang lalu tepat tanggal 11 Mei 2011 dimana SMK Negeri 1 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Bursa Kerja dan Bursa Kampus hari kedua.

 

Melihat keberhasilan kakak kelas dapat memberikan energi positif bagi adik kelas, menimbulkan rasa bangga, dan bisa menjadi suatu model yang dapat dicontoh. Kemasan acara yang sederhana, hanya dialog dan berbagi cerita antara alumni dengan siswa kelas XII tapi efek sampingnya tidak sederhana. Dialog ini diberi nama “Dialog Kewirausahaan”. Dipandu oleh Dra. Neneng Juariah, guru Kewirausahaan SMK Negeri 1 Yogyakarta, acara dialog dapat mengalir hidup dan penuh energi. Diawali dengan lontaran penyemangat dari master of ceremony (MC), “apa kabar” dan audience-pun menjawab “luar biasa”, selanjutnya energi luar biasa itupun ada di tengah-tengah audience (siswa kelas XII). Pembantu sekretaris panitia, Wuri Mahargianti, S,Pd telah menyiapkan foto-foto dan profil alumni SMK Negeri 1 Yogyakarta yang berhasil dan tetap mengabdikan diri serta berkarya di SMK Negeri 1 Yogyakarta untuk memberikan wawasan kepada siswa mengenai profil tamatan dan loyalitasnya kepada almamater. Foto maupun profil disusun dalam slide- slide serta diberikan sedikit narasi oleh MC semakin menggiring audience untuk menyimak profil tamatan berikutnya yang sengaja dihadirkan untuk menjadi pembicara dalam “Dialog Kewirausahaan”.

 

Masuk SMEA Negeri 2 (sekarang SMK Negeri 1) tahun 1978 kini telah berhasil mendirikan usaha sendiri yang diberi nama “UD Intan Satu” bergerak dibidang distributor sepatu Lucky Star, bapak Haryamto sengaja dihadirkan sebagai pembicara satu dalam “Dialog Kewirausahaan”. Bapak yang satu ini sangat rendah hati, sederhana, dan sesekali memberikan lelucon selama berbagi pengalaman dengan siswa kelas XII. Pengalaman saat masih duduk di bangku sekolah, memulai merintis usaha, jatuh bangun, sampai usahanya berkembang seperti sekarang, semua cerita dan pengalaman dibagikan gratis kepada adik-adik kelasnya. Mendengarkan pengalaman Bapak kelahiran  1 Maret 1960  dari ruangan kerja saya, saya pun ikut merasakan semangat juangnya, apalagi anak-anak yang menyimak dengan takjub di aula. Moto hidup “Jadilah Intan” selalu mengiringi langkah Pak Haryamto. Pembicara kedua, Bapak Suwarman, adalah alumni SMEA Negeri 2 tahun 1997, mulai berbagi cerita kepada adik kelas perihal perjalanan hidup dan bisnisnya sebagi pemilik “Guszier Konveksi”. Hidup itu indah, jadikan hidup semakin indah dengan kreatifitas, moto hidup yang dapat dicontoh dari Bapak Suwarman.

 

Seusai pemaparan dari pembicara, MC-pun mempersilakan audience untuk berbagi lebih lanjut mengenai usaha yang berhasil dibangun, semangat hidup dan semangat juang untuk melihat peluang dan menggapai keberhasilan melalui wirausaha.

 

Acara “Dialog Kewirausahaan” berakhir, namun kegiatan pada hari tersebut belum berakhir. Sesuai dengan nama kegiatan yang kami usung, acara dilanjutkan dengan “Bursa Kampus sesi I”. Bursa Kampus sesi I merupakan kegiatan yang kami desaign untuk bisa memberikan wawasan kepada siswa kelas XII yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Lulusan SMK memang siap untuk terjun ke dunia kerja, tapi jangan heran jika menemukan bukti bahwa mereka juga siap untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat berikutnya.

 

Kami selaku guru juga panitia menyelenggarakan sebuah kegiatan dengan maksud memberikan wacana bagi anak didik kami guna membantu mereka mengambil keputusan, pendidikan tinggi seperti apa yang cocok dengan kebutuhan mereka.

 

Bursa Kampus sesi I merupakan kegiatan yang menghadirkan pemateri dari Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) yang memberikan pendidikan serta keterampilan tertentu. Bursa Kampus sesi I di hari Rabu menghadirkan pemateri dari AKINDO dan LP3i. 

 

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s