Kami yang Pertama, SMK Bisa (Jilid tiga)

Kami yang Pertama, SMK Bisa (Jilid tiga)

 

Hari pertama kegiatan Bursa Kerja dan Bursa Kampus Skaoneta 2011 berupa kegiatan pembekalan interen. Dinamakan pembekalan interen karena kegiatan ini diisi oleh pemateri yang berasal dari bapak dan ibu guru SMK Negeri 1 Yogyakarta. Dra. Nur Istriatmi selaku koordinator pemateri interen mengkoordinir anggotanya yaitu Dra. Ani Purwati, Drs. F. Eko Noer Santoso, dan Dra. Winarni untuk menentukan materi dan kemudian melakukan pembagian materi kepada narasumber atau pemateri yang relevan.

 

Bentuk pembekalan interen dirancang seperti pembelajaran biasa yaitu dengan mempergunakan ruang kelas tetapi dengan penyajian yang santai dan materi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan siswa kelas XII.

 

Pembekalan interen bagi siswa kelas XII dimaksudkan untuk membekali siswa agar dapat meraih kesuksesan di dunia kerja. Materi yang disajikan berupa materi “Kiat Sukses di Dunia Kerja” yang disampaikan oleh Dra. Nur Istriatmi dan Rakhmayanti, S.Pd. masing-masing pemateri mengisi di tiga kelas yang berbeda. SMK Negeri 1 Yogyakarta memiliki enam kelas dengan tiga program keahlian sehingga masing-masing program keahlian terdapat dua kelas paralel. Kiat Sukses di Dunia Kerja berisi kunci untuk meraih kesuksesan di dunia kerja karena dalam bekerja, seseorang tidak hanya cukup bermodalkan hardskill saja melainkan harus memiliki softskill yang mendukung. Materi berikutnya adalah “Teknik Wawancara Kerja” yang disampaikan oleh Dra. Ani Purwati dan Tuginem, S.Pd. Materi ini tentu saja disajikan dengan harapan agar lulusan SMK Negeri 1 Yogyakarta lebih siap dalam menghadapi wawancara (interview) kerja. Kompetensi keahlian yang dikuasai oleh siswa dilengkapi dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dan didukung dengan penampilan yang sesuai merupakan hal yang sangat berperan dalam keberhasilan menaklukkan interview kerja. Pembekalan interen dilakukan Selasa/ 10 Mei 2011 dimulai tepat pukul 08.00 dengan mengambil ruangan kelas bagian bawah. Materi berikutnya adalah “Penulisan Surat Lamaran Kerja” yang disampaikan oleh Mulyani, BA dan Drs. F. Eko Noer Santoso. Berbagai bentuk surat lamaran kerja disampaikan dan teknik menawarkan diri melalui curriculum vitae dipaparkan. Materi ini disampaikan agar surat lamaran kerja yang dikirim dapat tampil menarik dan mewakili diri si-pengirim. Materi terakhir adalah materi “Kiat Sukses Berwirausaha” yang disampaikan oleh guru Kewirausahaan yaitu Dra. Winarni dan Dra. Neneng Juariah. Sifat-sifat wirausaha dikupas tuntas disini agar siswa memiliki wawasan yang cukup untuk mereka kelak dapat memanfaatkan setiap peluang usaha yang ada disekitarnya. Pengetahuan yang dibekalkan kepada siswa dihari pertama diharapkan dapat dipergunakan siswa saat pelaksanaan bursa kerja di hari keempat dan kelima. Acara ini memang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi suatu rangkaian kegiatan yang saling mendukung satu sama lain.

 

Diakhir kegiatan Selasa/ 10 Mei 2011, narasumber yang berasal dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi kota Yogyakarta, Sri Hartati, SE diundang untuk memberikan materi tambahan kaitannya dengan analisis jabatan. Materi ini sekaligus menutup acara pada hari pertama tepat pada pukul 14.15.

—————

       

  

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s