Kami yang Pertama, SMK Bisa (Jilid dua)

Kami yang Pertama, SMK Bisa

 

Hari yang kedua Bursa Kerja di SMK Negeri 1 tepat diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 15 Mei 2011. Perekrutan karyawan dilakukan oleh Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/ DI) dengan berbagai cara. Ada DU/ DI yang hanya meminta para pelamar kerja untuk mengumpulkan aplikasi berupa surat lamaran pekerjaan beserta lampiran-lampirannya, tetapi ada juga DU/ DI yang langsung melakukan tes baik tes tertulis maupun interview. Panitia memang mendesain kegiatan dengan memberikan fasilitas kepada peserta bursa kerja dari unsur DU/ DI untuk membuka stand dan juga menyediakan satu ruang kelas, khusus dipergunakan untuk tes tertulis dan tes interview sehingga DU/ DI yang ingin langsung melakukan tes kepada pelamar, dapat mempergunakan fasilitas ruang kelas yang disediakan oleh panitia.

 

Suasana aula bawah SMK Negeri 1 Yogyakarta riuh dengan pengunjung karena memang kegiatan ini terbuka untuk umum dan hawa panaspun tidak dapat dihindari lagi, akan tetapi panitia sudah memperhitungkan keadaan ini sehingga dua buah blower (kipas angin besar) sengaja disewa untuk memberikan suasana nyaman bagi seluruh pengunjung dan peserta stand.

 

Disela-sela perekrutan karyawan, ada tampilan company profile yang menampilkan profil perusahaan dengan mengambil tempat di panggung yang memang disediakan di ujung selatan aula. Company profile pada hari pertama penyelenggaran bursa kerja menampilkan Usaha Digdaya Muncul (UDM). Acara ini dipandu oleh “Tristan” MC dari sponsor kegiatan ini yaitu “Radio Megaswara”. MC memang sengaja dimintakan dari dunia entertainment yaitu Radio Megaswara dengan harapan menimbulkan suasana yang berbeda kepada seluruh pengunjung.

 

Hari kedua penyelenggaraan bursa kerja, paparan company profile menampilkan Matahari Departement Store dan Pand’s Collection dan acara kali ini tetap dipandu oleh MC dari Megaswara yaitu “Raras”. Tidak semua DU/ DI peserta bursa kerja menghendaki untuk menampilkan profil perusahaannnya sehingga hanya ada tiga perusahaan yang mengisi acara company profile ini.

 

Acara bursa kerja benar-benar hidup karena setelah company profile, panggung tidak dibiarkan sepi sehingga diisi dengan musik yang dibawakan oleh guru Seni Budaya yaitu Rizky Eko Prasetyo. Musik ini dimaksudkan untuk membuat suasana tidak sepi namun tidak mengganggu proses rekruitmen yang tetap berlangsung. Siswa kelas XII ada beberapa yang menyanyi untuk menambah hidup suasana di aula.

 

Secara keseluruhan, acara bursa kerja yang diselenggarakan selama dua hari berlangsung lancar, baik, dan sukses. Kerja keras dan kesungguhan panitia terbayar lunas dengan hasil kerja dan kebermanfaatannya bagi seluruh pihak baik bagi promosi sekolah, DU/ DI peserta bursa kerja, bagi siswa kelas XII dan alumni SMK Negeri 1 Yogyakarta, maupun bagi masyarakat umum pencari kerja. Kegiatan pertama yang kami lakukan mendapat apresiasi yang sangat besar dari pihak sekolah maupun komite  dan bertekad mendukung kegiatan Bursa Kerja dan Bursa Kampus untuk menjadi salah satu kegiatan unggulan di SMK Negeri 1 Yogyakarta yang akan terus dilaksanakan dari tahun ke tahun.

 

           

            

           

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s