Kami yang Pertama, SMK Bisa (Jilid satu)

Kami yang Pertama, SMK Bisa

 

Aula bawah SMK Negeri 1 Yogyakarta berubah menjadi area pameran seperti yang sering saya jumpai di Jogja Expo Center (JEC), Graha Sabha Pramana UGM, maupun Gedung Wanita. Sabtu tanggal 14 Mei 2011 di ujung selatan aula sudah terpasang panggung, backdrop bertuliskan tema kegiatan, dan seperangkat gong. Di sayap kanan aula telah dipasang layar putih untuk tayangan proyektor, sebuah meja dan kursi untuk master of ceremony memandu acara. Suasana aula bawah berubah meriah lain dari hari biasanya. Di sayap kanan dan sayap kiri masing-masing terdapat empat stand berukuran 2 x 2.5 meter, sehingga total ada delapan stand. Aula bawah SMK Negeri 1 Yogyakarta didesain seperti ini ternyata karena akan diadakan acara pembukaan Kegiatan Bursa Kerja SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta) tahun 2011. Partisi stand sudah terpasang sejak Jumat sore yang sengaja panitia sewa dari “Gigas_Studio”. Persis di ujung utara aula, dipasang rolling banner  yang berisikan jadwal kegiatan, stand untuk panitia, stand untuk informasi, dan stand-stand bagi sponsor untuk mendisplay barang dagangan mereka. Disekeliling aula, spanduk-spanduk dari sponsor menambah ramai dan meriah suasana aula. Benar-benar suasana yang sangat berbeda dari biasanya dan saya yakin anak-anak nanti saat datang akan kaget melihat acara yang sengaja didesain oleh guru-guru yang tergabung dalam kepanitiaan, acara yang sengaja dipersiapkan untuk mereka. Disebelah lobby ada satu ruangan yang berdinding kaca dan bertuliskan Tiket Rp 7.500, dan benar bahwa ruangan kecil ini adalah tempat bagi petugas untuk menjual tiket.

 

Tamu undangan dari Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/ DI) mulai berdatangan, mereka berasal dari PT Prima Dinamis Sarana Jaya, PT Usaha Digdaya Muncul, Conversindo Training and Consulting, PT Matahari Dept. Store, Batik Citra, Pand’s Collections, Sumber Baru Motor (SBM), dan Prima Anjang Ria Tour and Travel. Tidak hanya dari DU/ DI, ada beberapa wajah-wajah yang kurang begitu familiar bagi kami, mereka datang dan menempati kursi di depan panggung yang memang sudah disediakan oleh panitia. Mereka menuju kursi dengan diantarkan oleh panitia penerima tamu. Mereka memang kurang familiar bagi kami karena mereka adalah tamu undangan yang berasal dari sponsor, namun sejak event ini, mereka menjadi bagian dari mitra SMK Negeri 1 Yogyakarta. Tamu undangan dari unsur sponsor berasal dari UD Intan Satu (distributor sepatu Lucky Star dan Powergame), Radio Megaswara, Kahfi Offset, Bank BPD DIY, Penerbit Erlangga, dan Prima Anjang Ria Tour and Travel. Ada enam orang perwakilan dari kelas XII semua program keahlian yang juga sengaja panitia undang, mereka sangat senang mendapat kesempatan untuk menghadiri acara ini. Bapak dan Ibu guru karyawan segera memasuki aula dan menempati kursi tamu undangan. Pembelajaran pada hari ini bagi siswa kelas X dan XI memang dicukupkan hanya sampai jam ke dua berakhir sehingga seluruh Bapak dan Ibu Guru dapat ikut menghadiri acara pembukaan kegiatan Bursa Kerja.

 

Kursi di depan panggung telah terisi oleh tamu undangan sehingga MC “Ibu Widayati Danuri, BA” segera membuka acara ini dengan doa, membacakan susunan acara, dan memandu acara hingga purna nantinya. MC senior ini memang luar biasa, saya tidak bisa membayangkan bagaimana mudanya beliau dulu. Seperti halnya acara ceremonial yang lainnya, ada beberapa sambutan yang diberikan sebelum acara inti yaitu pembukaan kegiatan dimulai. Sambutan dari ketua panitia “Ibu Tuginem, S.Pd” tersusun dengan rapi menjelaskan sekilas dari kegiatan ini. Sambutan berikutnya adalah dari Ibu Kepala Sekolah “Dra. Nur Istriatmi” yang sangat support dan antusias mendukung kegiatan kami. Sambutan yang khidmat dan luar biasa bagi kami. Tibalah pada acara puncak, yang sebelumnya tidak terbayangkan bagi saya pribadi bahwa ide original saya akan menjadi semeriah ini dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan kota Yogyakarta yang dalam hal ini diwakili oleh Drs. Darmaji Giri Nugroho. Konsep pembukaan dengan menghadirkan kepala dinas memang muncul dirapat panitia saat checking akhir menjelang pelaksanaan kegiatan. Drs. Darmaji Giri Nugroho memberikatan kata sambutan dan akhirnya membuka secara resmi kegiatan “Bursa Kerja SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta) Tahun 2011” dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali. Tepukan meriah dari hadirin mengiringi gema gong yang menjadi pertanda bahwa acara telah resmi dibuka untuk siswa kelas XII dan alumni SMK Negeri 1 Yogyakarta serta untuk umum.

 

Kegiatan Bursa Kerja ini adalah kegiatan “perdana atau pertama” bagi SMK Negeri 1 Yogyakarta sekaligus merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan oleh SMK di kota Yogyakarta untuk kelompok Bisnis dan Manjamen. Kami adalah pioner untuk kegiatan ini dan kami akan terus berinovasi dengan kegiatan-kegiatan yang lain guna semakin mengembangkan sayap kegiatan SMK, karena kami yakin, SMK Bisa.

 

Kebanggaan kami menjadi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadikan seluruh panitia yang merupakan Bapak dan Ibu guru SMK Negeri 1 Yogyakarta, bekerja total mulai dari perencanaan sampai pada pelaksanaan kegiatan. Totalitas ini tergambar dalam semangat dan kerja keras serta doa yang mengiringi demi terselenggara, sukses, dan lancarnya acara. Tulisan yang saya beri judul “Kami yang Pertama, SMK Bisa” akan saya tulis dalam lima jilid, sehingga dapat ditunggu terbitnya tulisan untuk jilid dua dan seterusnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s