Bursa Kerja dan Bursa Kampus Skaoneta Tahun 2011

 

 

Bursa Kerja & Bursa Kampus SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta) Tahun 2011

 

Humas SMK Negeri 1 Yogyakarta sebagai bagian dari staf manajemen berupaya untuk terus mengembangkan program kerja demi tercapainya peningkatan pelayanan SMK Negeri 1 Yogyakarta kepada penggunanya yaitu peserta didik, masyarakat, institusi pendidikan, maupun dunia kerja. 

 

Berpijak pada tujuan Sekolah Menengah Kejuruan yaitu menyiapkan tamatan yang mampu terserap didunia kerja, berwirausaha, ataupun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Humas berkoordinasi dengan kelompok kerja di Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 1 Yogyakarta berupaya merealisasikan tujuan pendidikan SMK pada sebuah program kerja.

 

Sebuah terobosan baru tertuang dalam program kerja yang diberi nama “Bursa Kerja dan Bursa Kampus SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta) tahun 2011”.

 

 Bursa Kerja dan Bursa Kampus SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta) tahun 2011 dikemas dalam lima hari pelaksaan yang tetap merupakan satu rangkaian kegiatan yang tidak terpisahkan. Lima hari pelaksanaan kegiatan tersebut terjadwal pada tanggal 10, 11, 12, 14, dan 15 Mei 2011 bertempat di SMK Negeri 1 Yogyakarta. 

 

Kegiatan perdana yang diadakan oleh SMK Negeri 1 Yogyakarta merupakan sebuah inovasi kerja dari Humas dengan didukung oleh BKK dan seluruh komponen panitia kegiatan.

 

Agenda Kegiatan Selasa, 10 Mei 2011

(08.00 s/d 13.30)

 

Di tanggal 10 Mei 2011 kegiatan diawali dengan “Pembekalan Interen” dari narasumber yang berasal dari bapak dan ibu guru SMK Negeri 1 Yogyakarta. Pembekalan interen wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas XII dan bertempat di ruang kelas masing-masing. Dimotori oleh koordinator yaitu Dra. Nur Istriatmi, kegiatan ini dirancang dengan materi Kiat Sukses menjadi Karyawan Andal, Informasi Kuliah, Informasi Wirausaha, Teknik Wawancara Kerja, Teknik Penulisan Surat Lamaran Kerja, Teknik Wawancara Kerja, Pembentukan Tim Alumni, dan Materi Ketenagakerjaan. Khusus materi Ketenagakerjaan, narasumber didatangkan dari Dinas Tenaga Kerja dan pelaksanaan disentralkan di aula bawah SMK Negeri 1 Yogyakarta.

 

Agenda Kegiatan Rabu, 11 Mei 2011

(08.00 s/d 13.35)

 

Dihari kedua kegiatan yang dilaksanakan adalah “Dialog Kewirausahaan” dan “Bursa Kampus Sesi I”. Dialog Kewirausahaan sengaja dirancang guna mempertemukan alumni SMK Negeri 1 Yogyakarta yang sukses dalam berwirausaha (membuka usaha sendiri) dengan adik angkatan yang sekarang masih duduk dibangku kelas XII. Kegiatan ini bertujuan memberikan wacana mengenai wirausaha sekaligus memberikan motivasi bagi siswa kelas XII untuk jeli dalam melihat peluang usaha. Kegiatan dimulai dari pemaparan materi dan ditutup dengan dialog. Jadwal kegiatan, klik disini SUSUNAN ACARA DIALOG KEWIRAUSAHAAN DAN ALUMNI. Dialog Kewirausahaan yang bertempat di aula bawah SMK Negeri 1 Yogyakarta berakhir pukul 10.30, dilanjutkan dengan jeda istirahat 30 menit dan pukul 11.00 acara dilanjutkan dengn “Bursa Kampus Sesi I”. Bursa Kampus Sesi I adalah kegiatan yang dirancang untuk memberikan wawasan kepada siswa kelas XII mengenai pendidikan lanjut. Bursa Kampus dibagi menjadi dua sesi dimana sesi I khusus berisi kegiatan pemberian materi dari Lembaga Pendidikan Khusus (LPK). Siswa kelas XII memerlukan banyak referensi untuk mereka menentukan pendidikan jenjang tinggi yang akan dipilihnya sehingga melalui kegiatan ini mereka dapat memiliki referensi yang dapat mendasari mereka dalam mengambil keputusan. Pukul 11.00 s/d 12.00 pemberian materi dari AKINDO. Pukul 12.00 s/d 12.30 dijadwalkan untuk istirahat dan ibadah kemudian acara dilanjutkan pukul 12.30 s/d 13.30 dengan isian materi dari LP3i. Pukul 13.35 acara berakhir dan dilanjutkan pada hari berikutnya.

 

Agenda Kegiatan Kamis, 12 Mei 2011

(08.00 s/d 13.35)

 

Kegiatan di hari ketiga melanjutkan “Bursa Kampus Sesi I”  dan dirangkai dengan kegiatan “Bursa Kampus Sesi II” dan masih berlokasi di aula bawah SMK Negeri 1 Yogyakarta. Bursa Kampus Sesi I lanjutan diisi oleh STIKES Surya Global  pada pukul 08.00 s/d 09.00. Acara dilanjutkan isian materi dari ATC pada pukul 09.05 s/d 10.05. Istirahat diberikan alokasi waktu 25 menit yaitu pukul 10.05 s/d 10.30. Perbedaan Bursa Kampus Sesi I dan Sesi II terletak pada pemberi materi. Pada Bursa Kampus Sesi I, materi diberikan oleh perwakilan lembaga dalam hal ini LPK tetapi pada Bursa Kampus Sesi II, materi diberikan oleh alumni SMK Negeri 1 Yogyakarta yang sedang menempuh pendidikan tinggi (masih aktif kuliah). Bursa Kampus Sesi II diisi oleh alumni SMK Negeri 1 Yogyakarta yang melanjutkan di beberapa universitas antara lain Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY),  dan Akademi Akuntansi (AA) YKPN. Acara Bursa Kampus Sesi II, didesain lebih santai dimana alumni dapat menyampaikan pengalamannya selama kuliah dan memberikan beberapa informasi terkait  dengan cara pendaftaran, sistem perkuliahan, biaya, serta tawaran beasiswa. Jadwal kegiatan, klik disini SUSUNAN ACARA BURSA KAMPUS 

 

Agenda Kegiatan Sabtu, 14 Mei 2011

(11.00 s/d 16.00)

 

Kegiatan dihari keempat adalah kegiatan “Bursa Kerja” dimana beberapa Dunia Usaha/ Dunia Industri yang merupakan rekanan SMK Negeri 1 Yogyakarta membuka stand sekaligus melakukan rekruitmen karyawan. Bursa Kerja SMK Negeri 1 Yogyakarta terbuka untuk umum. Tiket masuk Rp 7.500 berlaku untuk satu kali kunjungan dan tidak berlaku kembali dihari berikutnya. Dunia Usaha/ Dunia Industri pada kesempatan ini akan menempelkan kebutuhan tenaga kerja bagi perusahaan di stand mereka sehingga para pengunjung dapat melihat lowongan yang ditawarkan sekaligus persyaratannya. Pengunjung stand yang berminat terhadap lowongan kerja yang ditawarkan dapat mengisi aplikasi sekaligus melampirkan persyaratannya. Pengunjung Bursa Kerja dapat menyiapkan curiculum vitae (daftar riwayat hidup), copy sertifikat pendukung, pas foto berwarna, dan amplop agar setelah menemukan lowongan yang tepat, peserta dapat segera memasukkan aplikasi lamaran.

 

 Agenda Kegiatan Minggu, 15 Mei 2011

(09.00 s/d 15.00)

 

Hari terakhir dari rangkaian kegiatan masih melanjutkan “Bursa Kerja”. Pada hari terakhir ini dapat dipergunakan oleh Dunia Usaha/ Dunia Industri untuk langsung melakukan tes wawancara ataupun tes lain yang diperlukan oleh perusahaan.

 

Jadwal Kegiatan lengkap, klik disini JADWAL KEGIATAN BURSA KERJA DAN BURSA KAMPUS

 

 Kegiatan Bursa Kerja dan Bursa Kampus SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta) Tahun 2011 disponsori oleh:

 

 

 

 

 

 

 Prima Anjang Ria Tour and Travel

 

Desain kegiatan oleh:  

Humas dan BKK SMK Negeri 1 Yogyakarta

dibantu segenap panitia.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s