Penerapan Pendekatan Facebook

Inovasi Pembelajaran

 


Mendidik tidak hanya sekedar mentransfer ilmu kepada peserta didik tetapi membuka pola pikir peserta didik bahwa ilmu yang mereka pelajari memiliki kebermaknaan untuk hidup mereka, sehingga dari ilmu tersebut mampu merubah sikap, pengetahuan, dan keterampilan mereka menjadi lebih baik.

 

Penguasaan terhadap materi yang dikelola dan di tampilkan secara profesional, dari hati, tanpa paksaan, logis, dan menyenangkan serta dipadukan dengan pendekatan personal-emosional terhadap peserta didik akan menjadikan proses pembelajaran berlangsung mengalir secara wajar sehingga diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai optimal.

 

Pembelajaran yang menyenangkan dapat dicapai dengan senantiasa melakukan  variasi dalam proses pembelajaran. Variasi pembelajaran dapat diperoleh dengan cara mengeksploitasi apapun disekitar sekolah, disekitar peserta didik, dan disekitar pengajar itu sendiri yang sekiranya dapat dimanfaatkan. Variasi pembelajaran juga dapat diperoleh dengan menciptakan sesuatu yang baru (inovasi) di dalam pembelajaran.  Inovasi (penciptaan sesuatu yang baru) dapat dilakukan dari hal yang sederhana yaitu menggabungkan beberapa hal yang telah ada sebelumnya, atau memanfaatkan sesuatu yang sedang trend dengan tetap melakukan  polesan sedikit sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih segar dan baru.

 

Inovasi pembelajaran yang saya lakukan di tahun 2009 adalah memanfaatkan sesuatu yang sedang trend saat itu di kalangan anak didik saya yaitu facebook yang saya gabungkan dengan cooperatif learning. Inovasi pembelajaran saya juga masih dalam koridor penelitian tindakan kelas karena saya berlakukan dalam suatu kelas tertentu  selama pembelajaran saya berlangsung.

 

Berawal dari permasalah yang sederhana yaitu bahwa anak didik saya pintar dan terampil dalam pembukuan tetapi sedikit perlu saya tingkatkan dalam kemampuan mengemukakan pendapat secara lisan, lalu saat saya mengoperasikan jejaring pertemanan saya sendiri, saya mengamati orang yang mengoperasikan facebook tidak banyak berfikir untuk share ataupun memberikan comment, segala sesuatunya lancar mengalir. Hal tersebut kemudian saya adopsi dan saya kondisikan anak-anak belajar sama halnya mereka sedang asyik melakukan komunikasi dengan facebook. Alhamdulillah saat saya presentasikan inovasi saya, lima dewan juri yang berasal dari dosen Universitas Negeri Yogyakarta dan pemenang lomba inovasi tahun sebelumnya merasa tertarik dengan ide sederhana saya. Inovasi saya atas nama SMK Negeri 1 Yogyakarta menjadi juara ke-2 dalam Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMK se-Kota Yogyakarta. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman semua.

 

Karya inovasi dapat dilihat disini INOVASI PEMBELAJARAN

Media penyampaian dapat dilihat disini MEDIA PEMBELAJARAN

Presentasi lomba dapat dilihat disini PRESENTASI LOMBA

2 Comments

Tinggalkan Balasan

